Artikel

Catatan dan Artikel

YSPI Jatrova Sukses Gelar Santunan Peralatan Sekolah Untuk 250 Anak Yatim se-DIY

JATROVA—Masih dalam rangka Memperingati Hari Guru Sedunia, tim YSPI Jatrova telah membagikan 250 peralatan sekolah untuk anak yatim se-DIY. Hal ini YSPI Jatrova dalam membangun perubahan masyarakat Indonesia, gelar Yatim Cendekia kloter ketiga, kloter keempat dan kloter terakhir yaitu kloter kelima. Santunan anak yatim kloter ketiga terlaksana membagikan 50 paket santunan di Kabupaten Kulon Progo. Kloter keempat dibagikan ke 50 anak yatim untuk Kabupeten Bantul, dan kloter kelima  50 paket santunan di Kabupaten Sleman.

Kegiatan berlangsung dari hari Senin hingga Rabu (14/10/19 s.d. 16/10/19) dari pukul 08.00-13.00 WIB, telah sukses membagikan 150 paket santunan peralatan sekolah untuk anak yatim di 3 Kabupaten. Santunan yatim cendekia kali ini langsung dibagikan ke kesekolah-sekolah yang setiap satu Kabupaten membagikan santunan peralatan sekolah untuk 50 anak.

Menurut Endang Pertiwi, Amd., selaku salah satu pengurus YSPI Jatrova mengatakan,”Kegiatan santunan anak yatim ini merupakan salah satu progam kerja 2019, dengan membagikan 250 peralatan sekolah untuk anak yatim se-DIY. Kloter pertama dilaksanakan di Masjid Syuhada dengan membagikan 50 paket peralatan sekolah untuk anak yatim di Kota Yogyakarta. Tidak hanya itu, Jatrova juga membagikan santunan sembako dhuafa sejumlah 20 paket untuk tukang becak di Kota Yogyakarta,” jelasnya, Rabu (15/10/19).

“Untuk kloter kedua sudah dibagikan hari Jumat (11/10/19) kemarin bersamaan dengan kegiatan Desa Harmoni di Kabupaten Gunungkidul. Santunan peralatan sekolah juga dibagikan ke 50 anak yatim dan juga membagikan santunan sembako untuk 5 orang dhuafa sekitar Masjid Musiatun,” terangnya.

“Untuk kloter ketiga, keempat dan kloter terakhir langsung dibagikan ke sekolah-sekolah. Karena kalau dijadikan satu seperti di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Gunung Kidul waktunya yang tidak memungkinkan. Maka dari itu tim YSPI Jatrova langsung membagikan ke sekolah-sekolah saja. Santunan peralatan sekolah dibagikan ke 7 SD se Kabupaten Kulon Progo pada hari Senin , diantaranya SD N Mlarangan , SD N 2 Karangsari, SD N 2 Depok, SD N 1 Depok, SD N Depok, SD N Pleret Kidul dan SD Glagah II,”ujarnya.

“Hari Selasa membagikan 50 paket santunan peralatan sekolah di Kabupaten Bantul. Kloter keempat ini membagikan di 4 SD, diantaranya SD Brajan Pleret, SD Putren, SD Ngoto dan SD Muh Wonokromo. Dan hari Rabu ini menjadi hari terakhir rangkaian pembagian santunan peralatan sekolah untuk anak yatim se-DIY. Kloter terakhir di Kabupaten Sleman dengan membagikan santunan peralatan sekolah untuk 50 anak yatim. Santunan dibagikan ke beberapa sekolah diantaranya, SD Muh 2 Pakem, SD N Ngino I, SD Sanjaya Pritis, dan MI Darul Ulum Sinar Melati,”tuturnya saat wawancara di Kantor Pusat YSPI Jatrova.

Kegiatan santunan anak yatim ini, sangat diapresiasi oleh Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Dinas Sosial DIY, dan Dinas Sosial Gunungkidul serta beberapa Kepala Sekolah hingga tokoh masyarakat sekitar sekolah yang dibagikan.

“Untuk itu kami berterimakasih kepada seluruh Dinsos se-DIY yang telah memberikan dukungan serta mengapresiasi kegiatan Yatim Cendekia. Semoga dengan dukungan dari Dinsos, Kepala Sekolah serta Masyarakat se-DIY menjadikan cambuk untuk kami terus bergerak melakukan kegiatan ini. Untuk anak-anak yang mendapatkan santunan peralatan sekolah, semoga apa yang kami berikan ini dapat bermanfaat. Sehingga menjadi pemicu anak-anak untuk bersemangat sekolah lagi dalam menuntut ilmu. Mengutip dari KH. Muh. Tohari,” Orang yang ingin sukses harus pinter terlebih dahulu, maka bersekolah terlebih dahulu dengan mencari ilmu. Ketaatan murid terhadap guru adalah kunci sukses,”tambahnya.

Leave a Reply