Artikel

Catatan dan Artikel

YSPI Jatrova Menggelar Acara Yatim Cendekia di Masjid Syuhada Kotabaru

JATROVA — Pada hari Sabtu, (05/10/2019) Yayasan Sahabat Perubahan Indonesia (YSPI) Jatrova telah melangsungkan acara Yatim Cendekia di halaman Masjid Syuhada Kotabaru yang berlangsung dari pukul 08.00-11.00 WIB. Acara ini berupa penyerahan santunan peralatan sekolah untuk 250 anak yatim se-DIY dalam rangka memperingati hari Guru Sedunia.

Dari acara ini YSPI Jatrova mempunyai tujuan diantaranya yaitu, pertama supaya anak lebih giat dan semangat dalam belajar, kedua meringankan beban bagi wali anak yatim/ piatu dalam hal Pendidikan, serta yang ketiga untuk menciptakan jiwa anak yang cerdas.

Kemudian acara Yatim Cendekia dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Sosial Kota Yogyakarta, perwakilan dari Dinas Sosial DIY, perwakilan BPRS BDS, perwakilan KSPPS BMT Syuhada, perwakilan pihak Sekolah SD, 50 anak yatim (SD Widoro, SD Lempuyangan I, SD Masjid Syuhada’, dan SD Pilahan) di wilayah Kota Yogyakarta, 20 penerima santunan sembako dhuafa, serta seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut. “Untuk rincian acara Yatim Cendekia pada kali ini yaitu, pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan panitia, sambutan perwakilan dari Dinas Sosial Kota Yogyakarta sekaligus penyerahan, sambutan perwakilan dari Dinas Sosial DIY sekaligus penyerahan, penyerahan sembako dhuafa, dongeng anak, dilanjutkan penyerahan Yatim Cendekia, terakhir penutup” ujar saudara Akib selaku pembawa acara.

Selanjutnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya dipandu oleh saudari Indah Yuliyanti, yang merupakan salah satu tim YSPI Jatrova dari KSPPS Artha Karima Binangun. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadz Zulfikri S. Melangi, semoga bagi yang membaca dan mendengarkan akan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Rasa gembira panitia yang disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina YSPI Jatrova oleh Bapak Imam Muttaqin, SHI. “ Sebenarnya acara ini merupakan acara awal yang special di tahun 2019, karena di acara-acara sebelumnya hanya acara incidental saja. Kami mempunyai gagasan, bahwa dalam rangka memperingati hari Guru Sedunia ini berfikir untuk melakukan kegiatan bagi anak-anak. Kedepannya kami berharap bisa kerjasama dengan pihak lembaga-lembaga untuk mendukung pelaksanaan program-program YSPI Jatrova menjadi lebih baik lagi. Acara ini tidak akan sukses apabila tidak didukung oleh seluruh panitia, rekan-rekan YSPI Jatrova terutama KSPPS Haniva, KSPPS Hasbuna, KSPPS Artha Karima B., KSPPS At-ta’awun MS, KSPPS BMT Syuhada, PT. Yogyakartas Mega Grafika, BPRS Formes Sleman, BPRS Madina MS, BPRS BDS, serta seluruh pendukung lainnya. Selanjutnya untuk penyerahan peralatan sekolah untuk anak yatim wilayah Kabupaten Gunungkidul, Kulon Progo, Bantul dan Sleman akan diantar ke sekolah masing-masing sesuai jadwal.”

“Pemkot Yogyakarta sangat berterimakasih kepada YSPI Jatrova karena ikut mencerdaskan kehidupan bangsa yang dikemas dalam Program Yatim Cendekia. Semoga dalam memberikan bantuan dan pendampingan tersebut berkelanjutan semakin meningkat dan terus meningkat. Dinas Sosial Kota Yogyakarta sangat mengapresiasi kepada seluruh jajaran yang ikut adil dalam memberikan santunan kepada masyarakat khususnya kota Yogyakarta”, jelas bapak Arofik selaku perwakilan dari Dinas Sosial Kota Yogyakarta. Dilanjutkan dengan acara penyerahan santunan peralatan sekolah kepada anak-anak SD Pilahan.

Masih dalam rangkaian Yatim Cendekia, kita juga menyerahkan 20 santunan sembako dhuafa terutama bagi bapak-bapak pengemudi becak dan bersih-bersih sampah di wilayah Kota Yogyakarta.

Dinas Sosial DIY telah dihadiri oleh ibu Winta Hayati yang dalam sambutannya, “Sangat mendukung sekali acara Yatim Cendekia ini dalam memberikan bantuan maupun santunan terutama kepada 250 anak yatim se-DIY. Untuk santunan sembako dhuafa walaupun sedikit tetapi bermanfaat bagi bapak-bapak yang telah menerima.” Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan santunan peralatan sekolah kepada anak-anak SD Widoro.

Tak lupa juga, untuk keseruan acara ini dilanjutkan dengan Dongeng Anak yang diisi oleh Kak Aris Pahlawan Bertopeng. Di sela-sela dongeng, Kak Aris juga membagikan doorprise yang disediakan oleh panitia.

Sebelum di penghujung acara, tim YSPI Jatrova telah menyerahkan santunan peralatan sekolah kepada seluruh anak-anak yang hadir dalam acara tersebut secara bergantian. Sambil menunggu giliran dipanggil, tim YSPI Jatrova juga membagikan nasi box Senabung kepada seluruh tamu undangan serta dilakukan foto bersama.

Terima kasih banyak kepada seluruh pendukung, donatur maupun seluruh tamu undangan yang sudah berpartisipasi dalam lancarnya acara Yatim Cendekia, semoga YSPI Jatrova lebih berkembang dan lebih bergerak untuk perubahan masyarakat Indonesia. Salam Sahabat Perubahan….

Leave a Reply