Artikel

Catatan dan Artikel

TKSK Cerminan Pahlawan Masa Kini

Sepuluh tahun sudah Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) hadir ditengah-tengah masyarakat, sebagai garda terdepan dalam melakukan upaya penanganan permasalahan sosial. TKSK tersebar di 15 Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Utara. Sebanyak 171 orang TKSK hadir pada Kegiatan Pengembangan Potensi TKSK Provinsi Sulawesi Utara.

TKSK memiliki jiwa relawan yang berkerja tanpa pamrih sebagai cerminan dari nilai kesetiakawanan sosial. Di era globalisasi ini, kemampuan suatu bangsa bukan hanya dilihat dari kemampuan senjata perangnya saja, namun juga dilihat dari kepekaan sosialnya, dan TKSK telah menunjukkan hal tersebut, hingga sepatutnya TKSK dapat dijadikan contoh pahlawan masa kini untuk generasi muda.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara dalam kesempatan acara Pengembangan Kapasitas TKSK di Manado (19/11/19), Sulawesi Utara mengucapkan terimakasih kepada TKSK yang telah bersama pemerintah mengatasi permasalahan sosial.

“Saya ucapkan terimakasih kepada TKSK yang telah bersama-sama pemerintah dalam menangani permasalahan sosial, berbanggalah menjadi TKSK, karena TKSK merupakan ujung tombak dalam membangun negara ini menuju Indonesia Sejahtera, maka dari itu kita semua dan TKSK harus bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja cepat, bekerja tulus dan bekerja dengan gembira.”

Harus ciptakan lingkungan kerja nyaman, tenang, tidak ada yang aneh-aneh dan selalu start kerja dengan gembira, berdoa, agar Tuhan memberi kita berkat dan hasil kerja kita bagus.

Pada kesempatan ini  Menteri akan memberikan hadiah kepada TKSK yang jauh dari Manado yaitu Kabupaten Kepulauan Talaud, Sangihe, dan Sitaro masing-masing diberikan 1 unit laptop. Menteri juga membuat quiz untuk TKSK dengan hadiah kipas angin, lampu emergency dan coffee maker.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial yang hadir pada acara tersebut juga menyampaikan jika TKSK merupakan pilar-pilar sosial dimana setiap satu kecamatan terdapat satu TKSK, apabila ada kecamatan baru maka akan kita carikan TKSK untuk kecamatan tersebut. Karena keberadaan TKSK sangat penting dalam membantu pemerintah daerah maupun pusat dalam menangani permasalahan-permasalahan sosial.

Dikutip dari kemsos.go.id

Leave a Reply