+62 274 441 5151 lsmjatrova@gmail.com

Artikel

Catatan dan Artikel

Kegiatan Desa Harmoni Bersama Warga Ngandong, Girikerto

JATROVA – Untuk kesekian kalinya, Jatrova kembali mengadakan “Gerakan Desa Harmoni” sebagai rutinitas bulanan kegiatan bakti sosial oleh tim Jatrova. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat (12/10) di Ngandong, Girikerto, Turi, Sleman, DIY. Selain dari tim Jatrova kegiatan desa harmoni kali ini bekerjasama dengan BMT At-Ta’awun FIAI UII dan dibantu oleh 3 mahasiswa FIAI UII yang tergabung dalam Lembaga Dakwah Fakultas Al-Faraby.

BMT At-Ta’awun sebagai tuan rumah memilih dusun Ngandong sebagai tempat kegiatan ini. Kali ini kegiatan Desa Harmoni, dikemas sedikit berbeda dengan menambahkan unsur Dakwah Islamiyah bertemakan “Islamic Parenting” dikemas dalam rangkaian agenda pengajian muslimah yang disampaikan oleh Mir’atun Nur Arifah, S.Pd.I., M.Pd.I, selaku Sekretaris BMT At-Ta’awun dan sekaligus Dosen FIAI UII.

Cr: jatrova.org

Kegiatan “gerakan Desa Harmoni” diawali dengan agenda membersihkan masjid, yang menjadi pusat kegiatan, mulai dari menyapu latai dan halaman, membersihkan kaca, mengepel lantai, membersihkan dan menata karpet, membersihkan kamar mandi dan tempat wudhu, hingga menambahkan fasilitas yang diperlukan. Kemudian dilanjutkan dengan pengajian muslimah dan shalat dzuhur berjamaah bagi ibu-ibu muslimah.

Setelah usai sholat jumat, tim Jatrova kembali melanjutkan kegiatan bazar sembako dan bazar pakaian pantas pakai. Untuk bazar sembako, disediakan aneka bahan baku rumah tangga, seperti minyak goreng, gula pasir, teh dan mie instan. Untuk membeli satu paket sembako, warga harus menukarkan kupon yang sudah dibagikan sebelumnya oleh tim Jatrova dengan harga Rp. 15.000,- untuk setiap paket sembakonya dan masyarakat juga dapat mendapatkan pakaian layak pakai yang disumbangkan oleh para donator dengan harga mulai dari Rp. 1.000,- .

Warga sangat antusias menyambut kegiatan ini, pasalnya sembako yang disediakan sebanyak 135 paket habis terjual, dan pakaian layak pakai yang disediakan juga banyak yang membeli dan memanfaatkannya. Tidak cukup sampai disitu, keseruan lainya di sore hari adalah kegiatan TPA untuk anak-anak, yang dilaksanakan setelah shalat ashar dengan agenda mengaji bersama dan berlomba yang kali ini disampaikan oleh teman-teman mahasiswa relawan yang tergabung dalam Lembaga Dakwah Fakultas Al-Faraby FIAI UII. Anak-anak sangat asyik dan bersemangat saat mengikuti pembelajaran agama islam dan perlombaan yang diberikan.

Cr: jatrova.org

Dipenghujung acara, tak lupa tim Jatrova juga memberikan santunan kepada anak yatim, berupa tas sekolah, buku dan alat tulis. Selain itu tim Jatrova juga memberikan sedikit kenang-kenangan, berupa buku bacaan untuk penambahan buku di perpustakaan atau di TPA masjid Al-Karim dusun Ngandong.Semoga dengan adanya gerakan desa harmoni ini, bisa bermanfaat dan dapat menginspirasi banyak orang. Aamiin…

Leave a Reply