+62 274 441 5151 lsmjatrova@gmail.com

Artikel

Catatan dan Artikel

Bergerak Bersama di Hari Jadi Ke-5

JATROVA – (15/12) Tahun ini, Jatrova merayakan ulang tahunnya yang ke-5. Dalam rangka merayakan bertambahnya usia, Jatrova menyelanggarakan kegiatan yang diberi title “5 Tahun Jatrova” dengan tema “Bergerak Bersama Mewujudkan Transformasi Masyarakat Jogja Istimewa”. Kali ini, perayaan diselenggarakan di kecamatan Panggang, Gunung Kidul.

Serangkaian acara sosial yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. Serangkaian acara telah diselenggarakan sejak 13 Desember 2017 lalu yang diawali dengan lomba Cerdas Cermat Agama (CCA) Islam tingkat SLTP, Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ) tingkat SD, dan lomba desain kemasan tingkat SLTA. Jumlah peserta yang diambil mewakili beberapa sekolah se-kecamatan Panggang, Gunung Kidul.

Rangkaian acara masih berlanjut hingga Jum’at, 15 Desember 2017 sebagai acara puncaknya. Bekerjasama dengan Rumah Sakit Nur Hidayah, tim Jatrova juga membuka pemeriksaan kesehatan untuk warga sekitar Kecamatan Panggang. Hari itu pagi menjelang siang, berbagai keperluan untuk acara pemeriksaan kesehatan telah tertata rapi di Masjid Jenderal Sudirman. Tidak menunggu lama, beberapa warga sekitar mulai berdatangan, mendaftarkan diri ke meja pendaftaran dan menyampaikan keluhannya. Kurang lebih 20 orang peserta hadir untuk memanfaatkan pemeriksaan kesehatan yang diadakan tanpa dipungut biaya ini.

Bersamaan  dengan diadakannya pemeriksaan kesehatan di Masjid Jenderal Sudirman, lapak untuk acara bazar sembako dan pakaian pantas pakai juga dibuka. Sembako sengaja dijual dengan harga yang relatif murah dibandingkan biasanya. Tidak menunggu lama, beberapa warga mulai datang untuk bertanya-tanya seputar harga dan jenis-jenis sembako apa yang sedang dijual. Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, warga berdatangan antusias untuk membeli.

Berlokasi di sebarang masjid, tepatnya di SMP 1 Panggang, murid-murid dari berbagai SMA se-kecamatan Panggang cukup antusias berdatangan dan mengikuti Seminar Kewirausahaan dan Internet Marketing. Kegiatan seminar diisi langsung oleh Bapak Imam Mutaqqin dengan materinya mengenai kewirausahaan, lebih jelasnya tentang pengertian wirausaha secara umum. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Gondo Siswanto yang berbagi pengetahuan soal internet marketing, dimana media sosial saat ini memiliki peran yang sangat besar dalam dunia pemasaran produk.

Selesai menggelar seminar, tak lama kemudian tampak sejumlah ibu-ibu berusia lanjut dan paruh baya bersama anak atau cucunya datang ke SMP 1 Panggang untuk mengambil santunan/bingkisan. Tersedia 50 paket bingkisan yang siap dibagikan kepada beberapa dhuafa dan janda yang resmi terdaftar di database kami.  Tidak hanya itu, Jatrova juga melakukan aksi sosial dengan memberikan santunan 25 paket alat sekolah untuk anak yatim, yang diberikan di penghujung acara, lalu dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba CCA dan BTAQ.

Serangkaian acara peringatan ulang tahun Jatrova kali ini berlangsung dengan lancar. Meskipun jumlah peserta tidak terlalu banyak, peserta yang datang dan mengikuti serangkaian acara memberikan respon yang amat baik.

Leave a Reply