+62 274 441 5151 lsmjatrova@gmail.com

Program

a. Desa Harmoni

  1. Bersih-Bersih Tempat Ibadah
    Membersihkan tempat ibadah masjid atau mushola di desa yang menjadi sasaran untuk program desa harmoni. Peralatan untuk bersih-bersih sudah disiapkan sendiri oleh tim Jatrova. Secara detailnya kegiatan bersih-bersih tempat ibadah ini meliputi pembersihan lantai masjid, pembersihan tempat wudhu, dan penataan karpet.
  2. Bazaar Sembako Murah
    Kegiatan bazar sembako digalakkan untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Sembako dijual dengan harga relatif murah dari biasanya. Macam-macam sembako yang dijual berupa minyak goreng, gula pasir, dan mie instan.  Warga bisa membeli sembako dengan kupon khusus yang sudah diberikan.
  3. Bazar Pakaian Pantas Pakai
    Kami menerima sumbangan pakaian pantas pakai dari mana saja. Pakaian pantas pakai yang telah dikumpulkan, akan dijual melalui kegiatan Bazar Pakaian Pantas Pakai dengan harga relatif yang bisa di negosiasi bersama pembeli.
  4. Santunan Sembako Dhu’afa
    Secara garis besar, program ini melaksanakan kegiatan pembagian sembako kepada kaum dhu’afa. Sembako yang diberikan berupa, minyak goring, gula pasir, dan mie instan. Warga yang telah terdaftar dalam datebase kami dapat menerima santunan sembako ini.
  5. Peningkatan Koleksi Perpus Tempat Ibadah
    Program peningkatan koleksi perpustakaan tempat ibadah dirasa perlu, agar sumber belajar agama islam bagi anak-anak semakin bertambah. Koleksi yang diberikan kurang lebihnya adalah buku-buku pendidikan berbasis agama islam.

b. Generasi Mandiri

  1. Seminar Pengembangan Potensi Siswa SLTA
    Tak dapat dipungkiri, diluar sana tidak sedikit sekolah yang masih membutuhkan perhatian khusus dalam hal pengembangan ilmu dan keterampilan. Melalui seminar pengembangan ini, siswa SLTA diberi pengetahuan dan wawasan tentang bidang keilmuan tertentu. Acara seminar mengangkat tema berbeda  setiap bulannya.
  2. Pengembangan TPA
    Program ini kurang lebihnya memberikan edukasi kepada anak-anak TPA tentang agama islam. Selain mengajarkan anak-anak membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, pemberian edukasi juga dilakukan dengan cara yang kreatif dan unik. Misalnya melalui games, menonton film atau video, dan lain sebagainya.
  3. Magang & Praktek Kerja
    Setelah mengikuti kegiatan seminar pengembangan, siswa memiliki kesempatan untuk menambah pengalaman melalui magang dan praktek kerja di beberapa/salah satu perusahaan yang telah bermitra dengan LTM Jatrova.
  4. Distribusi Sarana Sekolah Yatim
    Selain santunan untuk kaum dhuafa, pemberian bantuan berupa sarana sekolah untuk semua murid yang membutuhkan dan anak yatim juga rutin dilakukan. Sarana yang didistribusikan bisa berupa alat tulis kertas untuk murid atau alat tulis kertas administrasi untuk guru dan staff sekolah.

c. Warga Berdaya

  1. Penyuluhan Usaha
    Salah satu program pemberdayaan warga ini, secara umum mengadakan kegiatan pemberian pengetahuan dan wawasan seputar usaha, yakni kiat-kiat membangun sebuah usaha bagi pemula, modal apa saja yang diperlukan, produk seperti apa yang dibutuhkan masyarakat, dan bagaimana membaca situasi pasar terkini.
  2. Diklat Pengembangan UKM
    Dunia bisnis kini semakin berkembang mengikuti teknologi. Sudah bisa dipastikan UKM mau tidak mau harus menghadapi ini. Diklat pengembangan UKM diberikan guna membantu para pelaku UKM beradaptasi dengan perkembangan dunia bisnis. Kegiatan-kegiatan yang diberikan secara garis besar berupa pembekalan seputar isu terkini terkait bisnis, misalnya internet marketing.
  3. Pinjaman Modal Usaha Tanpa Bunga
    Modal seringkali menjadi kendala utama UKM dalam mengembangkan bisnisnya. Mellaui program ini , para pelaku UKM diberi kesempatan untuk mengajukan pinjaman modal usaha tanpa bunga ke lembaga keuangan yang telah bermitra dengan LTM Jatrova.

d. Masyarakat Sehat

  1. Pemeriksaan Kesehatan
    Memenuhi kesehatan Masyarakat diberi kesempatan untuk memanfaatkan layanan kesehatan secara gratis. Kami bekerjasama dengan pihak lembaga kesehatan seperti puskesmas, klinik, atau rumah sakit, untuk mengadakan kegiatan ini.
  2. Distribusi Makanan Bergizi
    Kebutuhan akan makanan berigizi juga turut mendukung terwujudnya masyarakat sehat. Distribusi makanan bergizi ditujukan ke sejumlah posyandu dan PAUD, atau kepada mereka yang darurat membutuhkan makanan bergizi.
  3. Distribusi Air Bersih
    Selain makanan, air bersih juga diperlukan demi mewujudkan masyarakat yang bebas penyakit. Pemberian air bersih ditujukan kepada mereka yang paling membutuhkan, misalnya masyarakat yang sedang mengalami bencana kekeringan. Sistem pendistribusian dilakukan secara manual menggunakan tangki penampung air, lalu baru kami berikan kepada warga.

e. Kampung Agrikultur

    Kami mengajak masyarakat untuk mengembangkan dan melestarikan potensi pertanian yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka. Karena masih dalam tahap belajar, masyarakat diarahkan untuk melakukan budidaya pertanian secara konvensional dan aman. Kegiatan yang dilakukan pada umumnya berupa penyuluhan tanaman tertentu dan pengembangan tanaman yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari.