English | French | Spanish | Deutch
+62 274 441 5151 ltm.jatrova@gmail.com

Program Desa Harmoni

Program Kegiatan Sosial 2016
Komunitas Desa Harmoni
“Desa Harmoni”

  • Latar Belakang Kegiatan

Manusia ialah makhluk sosial yang diciptakan oleh Sang Khaliq untuk saling membantu dalam kehidupan. Tanpa adanya kerjasama, sangat mustahil bagi manusia dapat memenuhi sendiri segala kebutuhan hidupnya. Salah satu kebutuhan primer manusia ialah sandang. Dalam keseharian sandang dapat diartikan sebagai pakaian. Pakaian sangat dibutuhkan manusia untuk melindungi tubuhnya dari berbagai hal.

Pakaian merupakan ekspresi tentang cara hidup. Padahal manusia memiliki selera yang bermacam-macam dalam mengekspresikan cara hidupnya. Salah satunya diekspresikan dalam hal berpakaian. Sehingga tidak mengerankan jika muncul mode-mode pakaian yang sering berubah. Perubahan mode trend pakaian ini memang memiliki dampak yang baik bagi perkembangan dunia fashion. Tetapi perlu diingat pula dampak buruknya.

Keinginan manusia yang selalu ingin mengikuti mode akan menyebabkan manusia berusaha menggunakan barang baru. Tentu ia akan jarang menggunakan barang lama. Bahkan tidak lagi menggunakannyasama sekali. Fenomena ini juga terjadi dalam hal pakaian. Manusia selalu ingin menggunakan pakaian yang ia anggap modis serta baru dan meninggalkan sandang yang ia anggap kuno dan sudah usang. Walaupun bisa jadi pakaian yang ia anggap kuno dan usang itu masih layak dikenakan dalam kehidupan sehari-hari. Inilah dampak buruk atas berkembangnya dunia fashion.

Pakaian yang kuno dan usang tentu akan menjadi barang yang mubazir jika tak terpakai. Walapun pakaian itu masih pantas dikenakan. Padahal kita sendiri diajarkan bahwa sesuatu yang mubazir/sia-sia adalah teman dari syaitan. Hendaknya akan menjadi lebih baik jika pakaian yang tak terpakai itu direlakan untuk bisa dikenakan orang lain yang membutuhkannya.

Selain pakaian, kebersihan juga merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. Kebersihan yang baik akan menunjang terhadap kesehatan dan kenyamanan manusia dalam menggunakan suatu benda. Bahkan diajarkan pula bahwasanya kebersihan merupakan sebagian dari iman. Artinya, kebersihan adalah hal penting yang sangat perlu diperhatikan.

Berdasar fenomena di atas dan dalam rangka saling membantu antar sesama, maka Komunitas Desa Harmoni berniat untuk menyelenggarakan; Kegiatan Sosial 2016 “Desa Harmoni”.

  • Tujuan Kegiatan

Kegiatan Sosial 2016 “Desa Harmoni” ini diselenggarakan dengan tujuan sebagaimana berikut:

  1. Dalam rangka menjalin silaturahim antara Komunitas Desa Harmoni dengan masyarakat.
  2. Dalam rangka memberikan edukasi kepada masyrakat tentang buruknya mubazir dan pentingya membantu sesama.
  3. Dalam rangka membantu pemeliharaan kebersihan fasilitas umum.
  4. Dalam rangka pemanfaatan pakaian bekas dan buku bacaan yang tak terpakai agar menjadi sesuatu yang lebih berguna bagi orang lain.
  5. Dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan kegiatan bazaar sembako murah.
  6. Memberikan kegiatan edukasi dan hiburan dalam rangka menambah wawasan masyarakat.
  • Nama Kegiatan

Adapun nama dari kegiatan yang diselenggarakan ini adalah; Kegiatan Sosial Januari 2016 “Desa Harmoni”.

  • Tema Kegiatan

Adapun tema kegiatan dari yang diselenggarakan adalah: “Kegiatan Bermanfaat Untuk Kesejahteraan Masyarakat, Membangun Desa Menuju Masyarakat Istimewa.

  • Bentuk Kegiatan

Kegiatan sosial ini terdiri atas beberapa agenda. Adapun agenda yang termasuk dalam Kegiatan Sosial Januari 2016 “Desa Harmoni” ini adalah: 1) Kerja bakti bersih masjid, 2) Aneka bazar barang & pakaian pantas pakai, 3) Kegiatan edukatif anak, 4) Hibah buku bacaan, 5) Bazar sembako murah.

  • Sasaran Kegiatan

Sasaran Kegiatan Sosial Januari 2016 “Desa Harmoni” ini adalah masyarakat yang berkenan dijadikan tuan rumah untuk diselenggarakannya kegiatan ini.

  • Penyelenggara Kegiatan

Kegiatan Sosial Januari 2016 “Desa Harmoni” ini diselengarakan oleh Komunitas Desa Harmoni.