Artikel

Catatan dan Artikel

Klasifikasi dan Cara Mengatasi Masalah Sosial di Kota Besar

Masalah sosial di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya dan kota besar lain di Indonesia seperti Bandar Lampung sangat besar. Ini bukan hanya pekerjaan rumah bagi pemerintah saja, tapi juga Anda sebagai warga negara yang baik. Salah satunya adalah dengan menemukan cara mengatasi masalah sosial di kota besar yang tepat untuk menekan berbagai pengaruh negatif yang terjadi.

Masalah sosial menurut salah satu ahli tatanegara Indonesia, Soerjono Soekanto adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat. Hal ini bisa membahayakan kelompok sosial. Jika nantinya ada bentrokan antara unsur-unsur yang ada, bisa menimbulkan berbagai gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam masyarakat.

Di perkotaan besar, ada banyak permasalahan sosial yang terjadi. Angkanya jauh lebih besar ketimbang di daerah yang penduduknya sedikit. Ini terjadi karena banyak penyebab. Di tanah air Indonesia, ada beberapa permasalahan sosial yang sering terjadi di kota besar termasuk di Bandar Lampung. Klasifikasi serta cara mengatasi masalah sosial tersebut adalah sebagai berikut!

Kemiskinan
Masalah sosial paling mudah ditemukan di perkotaan besar Indonesia adalah kemiskinan. Meski saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia terus menunjukkan grafik yang baik dan terus mengalami kenaikan, pada kenyataannya di sekitar Anda masih banyak orang yang hidup di bawah standar layak atau masih di bawah garis kemiskinan.

Seseorang bisa dikatakan miskin bilamana ia tak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya seperti sandang, papan, pangan, kesehatan dan pendidikan. Ada banyak hal yang menyebabkan kemiskinan itu terjadi. Di antaranya adalah sulitnya akses mendapatkan pendidikan dan pekerjaan yang layak. Lalu perilaku malas dan tidak mau berusaha.

Selain itu, perasaan telah terbiasa hidup dalam kemiskinan karena tinggal di lingkungan yang miskin juga jadi salah satu penyebab dari kemiskinan itu sendiri. Cara mengatasi masalah sosial di kota besar seperti kemiskinan itu cukup sulit. Namun, pemerintah telah berusia memberikan yang terbaik. Salah satunya adalah dengan menyediakan pelatihan kerja gratis.

Selain itu, juga ada program nasional pemberdayaan masyarakat atau PNPM Mandiri. Namun, itu saja tidak cukup. Perlu upaya lebih dari pemerintah untuk mengatasi kebiasaan masyarakat Indonesia yang malas. Selain itu, harus ada juga tindakan tegas untuk para pemerintah yang korupsi dana bantuan atau pembangunan untuk warga miskin.

Pendidikan
Masalah sosial lain yang kerap ditemukan di kota besar seperti Indonesia adalah pendidikan. Masalah ini sebenarnya bagi masyarakat Indonesia sudah mendarah daging. Ada beberapa hal yang menyebabkan permasalahan sosial dari segi pendidikan ini. Misalnya saja sulitnya akses pendidikan dan kurangnya sarana dan prasarana pendidikan yang kurang memadai.

Kualitas guru yang kuran baik serta kesejahteraan guru yang sangat minim juga jadi salah satu penyebab dalam timbulnya masalah sosial di bidang pendidikan. Biaya pendidikan yang mahal serta tingkat kesadaran orang tua yang sangat rendah untuk menyekolahkan anaknya juga jadi salah satu penyebabnya.

Kabar baiknya, saat ini pemerintah telah mengeluarkan cara mengatasi masalah sosial di kota besar bidang pendidikan yang cukup baik. Salah satunya adalah program Dana Bantuan Operasional Sekolah atau Bos untuk memenuhi kebutuhan fasilitas dan sarana sekolah. Selain itu, juga ada program Indonesia Mengajar untuk membantu sekolah yang tak punya guru.

Program sekolah gratis dan kartu Indonesia pintar juga salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah sosial bidang pendidikan ini. Dengan begitu, diharapkan pendidikan di Indonesia bisa lebih baik.

Pengangguran
Banyaknya pengangguran di Indonesia terlebih di kota besar juga jadi masalah sosial. Pengangguran ini akan menimbulkan efek ekonomis bagi para prilakunya serta efek psikologis juga. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, pemerintah juga sudah berusaha menyediakan berbagai lapangan kerja untuk mereka.

Kemacetan
Masalah sosial yang satu ini sangat mudah sekali ditemukan di kota besar. Efek dari kemacetan sendiri bisa menimbulkan masalah yang cukup besar. Misalnya saja kehilangan waktu untuk bekerja dan lainnya yang bersifat produktif. Salah satu cara penanganan yang sudah disediakan adalah pembuatan jalan baru oleh pemerintah.

Itulah beberapa permasalahan sosial yang sering terjadi di kota besar. Selain itu, dipaparkan juga cara mengatasi masalah sosial di kota besar yang sudah dilakukan pemerintah. Namun, Anda harus ingat. Ini tak bisa dipikul sendiri oleh pemerintah. Anda dan yang lainnya juga harus ikut membantu agar semua masalah ini bisa diatasi.

Dikutip dari lampung.co

Leave a Reply