Artikel

Catatan dan Artikel

Indahnya Berbagi dengan Sesama

Di Suatu desa ada seorang gadis mengontrak rumah bersebelahan dengan rumah seorang ibu miskin dengan 2 anak. Satu malam tiba-tiba mati lampu, dengan bantuan cahaya HP dia ke dapur mau mengambil lilin, tiba-tiba ada yang mengetuk pintu, ternyata anak miskin sebelah rumah.

 

Anak itu bertanya panik : “Kakak, kamu punya lilin ?”

Gadis itu berpikir : JANGAN PINJAMKAN nanti jadi satu kebiasaan, maka si gadis berteriak, “TIDAK ADA!!”.

Saat itulah si anak miskin berkata riang: “Saya sudah duga kakak tidak punya lilin, Ini ada 2 lilin untuk kakak. Kami khawatir karena kakak tinggal sendiri dan tidak punya lilin.”

 

Si gadis merasa bersalah, dalam linangan air mata, dia memeluk anak kecil itu erat-erat.

******

Banyak hal yang bisa kita petik dari kisah Renungan Tentang Berbagi tersebut. Kita Bisa mendapatkan pelajaran untuk berbuat baik kepada tetangga kita. Dan dalam konteks artikel ini, saya menekankan untuk membiasakan berbagi kepada sesama dengan ikhlas dan jangan pelit-pelit untuk berbagi.

 

Sahabat, Allah tidak menilai kita dari seberapa banyak harta yang kita kumpulkan, melainkan dari bagaimana kita menggunakan harta tersebut. Bukankah banyak orang mengatakan bahwa kekayaan bukan tentang seberapa megah rumah kita dan uang yang kita punya, namun dari seberapa usaha kita untuk bisa dan mampu untuk berbagi?

Kita tidak bisa memberikan label bahwa mereka yang kaya adalah orang yang memiliki segalanya atau mereka yang miskin tidak memiliki apa-apa. Namun, mereka yang berani dengan ikhlas berbagi adalah orang-orang yang tidak khawatir tentang apa yang mereka punya, karena mereka telah punya segalanya di dalam hati mereka.

 

Cerita diatas terdapat dalam qur’an surat Al-Baqarah, 216 yang artinya:

Allah senantiasa akan memberikan yang terbaik meskipun yang baik itu seringkali kita pandang buruk. Allah sajalah yang mengetahui kebaikan dan keburukan yang sejati sementara penglihatan, penilaian, dan pengetahuan kita bersifat semu dan terbatas.” (QS Al-Baqarah : 216).

 

Dikutip dari iniceritainspiratif.blogspot.com

Leave a Reply